Jumat, 26 Juni 2009

Identifikasi Morfologi Buah Manggis Menggunakan Metode Pengolahan Citra (Identification of Mangostaan Morphology Using Image Processing Method)

Oleh: Joowy Joewanda, STP
Lembaga Penelitian Unila

Keywords: BUAH MANGGIS,IDENTIFIKASI MORFOLOGI,Identification of Mangostaan Morphology Using Image Processing Method
Call Number: 634.54 Joe i c.1

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi warna dan bentuk buah manggis segar menggunakan metode pengolahan citra. Dalam penelitian ini digunakan empat kelompok kemasakan yaitu 120 Setelah Bunga Mekar (SBM), 126 SBM, 132 SBM and 138 SBM dengan jumlah sampel 30 buah untuk setiap kelompok kemasakan. Data kemudian diperoleh menggunakan kamera CCD kemudian diproses oleh program pengolahan citra untuk mendapatkan data indeks warna RGB dan data fourier.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara tingkat kemasakan atau umur petik dengan indeks warna RGB bervariasi. Indeks warna biru memiliki tingkat hubungan yang sangat erat dengan koefisien determinasi sebesar 0.8159. Koefisien Fourier yang diperoleh tidak dapat
membedakan bentuk manggis untuk setiap tingkat kemasakan yang diuji. Namun dari nilai koefisien Fourier yang diperoleh dapat ditentukan adanya perbedaan antara ukuran (diameter) dari manggis yang diuji khususnya antara masak 1 dan masak 4. Masak 1 dan 2 tidak dapat dibedakan ukurannya karena selisih nilai koefisien Fourier yang diperoleh tidak berbeda nyata.


Hubungi kami:
DL Name: Lampung University Library
PublisherID: LAPTUNILAPP
Organization: Lampung University
Contact: Perpustakaan Universitas Lampung
Address: Jl.Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1
City: Bandar Lampung
Region: Lampung
Country: Indonesia
Phone: 62-721-706352
Fax: 62-721-706351
Admin Email: dedi[at]unila.ac.id
CKO Email: library[at]unila.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar